Wednesday, 25 August 2021

CONTOH LAPORAN AKHIR RPS DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH

 


MNIKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN QUIZZIZ”

 

 

A. Judul Program Pengembangan Sekolah :

“MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI  PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN QUIZZIZ”

 

B. Latar Belakang

Memotivasi belajar peserta didik acapkali menjadi  masalah yang pelik dan tak mudah bagi para pendidik.  Di satu sisi, hal ini berkaitan dengan dorongan yang ada pada diri siswa itu sendiri, dan di sisi lain berkaitan dengan system pembelajaran yang dilakukan oleh sang guru.

 

Dalam kaitannya dengan motivasi, ada banyak hal yang mempengaruhi seorang peserta didik dalam kegiatan belajar dan berproses dalam  pembelajaran. Dimyati dan Mudjiono (2002:26) menyatakan bahwa motivasi merupakan kekuatan mental yang  mendorong terjadinya proses belajar. Motivasi belajar ini  memiliki peranan yang sangat penting untuk memberikan gairah atau semangat dalam belajar. Sebagai contoh: Siswa yang memiliki motivasi kuat punya energi yang banyak untuk ikut terlibat dalam kegiatan belajar dan sebaliknya.

 

Disinilah diperlukan suatu alat yang bisa merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya sendiri atau yang disebut dengan media pembelajaran. Penggunaan media secara kreatif akan memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik dan dapat meningkatkan motivasi individu mereka sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

 

Salah satu media pembelajaran yang sudah pernah berhasil digunakan untuk memotivasi belajar siswa di SMP YATPI GODONG adalah media pembelajaran Quizziz. Untuk itulah Rencana Program Pengembangan Sekolah ini masih dikaitkan dengan hasil praktik baik yang sudah pernah dilaksanakan di Sekolah dengan harapan bisa memotivasi siswa dengan lebih baik lagi dan meningkatkan kempetensi guru dalam hal penggunaan IT dalam proses pembelajaran. 

 

 

 

 

C. Tujuan dan Indikator Keberhasilan

Tujuan dari adanya Rencana Program Sekolah (RPS) diharapkan dapat  digunakan sebagai acuan bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikannya, bagi guru agar bisa melakukan pembelajaran yang lebih baik, lebih inovatif, kreatif dan menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dan bagi Kepala Sekolah, program RPS ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah

 

Ø Indikator Keberhasilan :

Indikator keberhasilan ini dibagi menjadi dua. Yaitu indicator keberhasilan dari Peserta didik dan keberhasilan dari Kepala Sekolah. Bagi peserta didik indicator keberhasilan ini bisa dilihat dari peningakatan antusiasme  dalam mengikuti pembelajaran, kemampuannya  mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat, pembelajaran yang berjalan dengan aktif dan interaktif, kemampuannya mengerjakan  tugas dengan baik serta kemampuan peserta didik dalam bertanggungjawab dengan tugas-tugasnya

 

Bagi Kepala Sekolah (berdasarkan hasil monitoring AKPK), indicator ini terdiri dari 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Sekolah, diantaranya:

Ø  Kompetensi Kepribadian:

1. KS berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada teman-teman sejawat berkaitan dengan tugasnya sehari-hari

2. KS memiliki pengalaman dalam mengarahkan dan menggerakkan rekan sejawat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah

Ø  Kompetensi Manajerial:

1. KS memahami penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS)

2. KS memahami cara mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan kompetensi dan tupoksi guru

Ø  Kompetensi Supervisi:

1.      KS memahami penyusunan rencana pemanfaatan sarana prasarana sesuai standar pelayanan minimal.

2.      KS memahami perencanaan program supervisi akademik yang disesuaikan dengan kebutuhan guru yang akan disupervisi

 

 

Ø  Kompetensi Kewirausahaan:

1. KS memahami program-program inovatif yang bisa meningkatkan keefektifan sekolah dengan baik.

2. KS mampu membuat alternatif pemecahan masalah yang relevan dan tepat, sehingga menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien

Ø  Kompetensi Sosial:

1.KS memiliki pengalaman dalam melakukan kerja sama dengan perseorangan dan institusi lain, baik institusi pemerintah atau swasta, untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolah dimana bertugas

2. KS memahami penyusunan program kerja sama dengan pihak lain, baik perseorangan maupun institusi dengan baik, untuk mendukung pembelajaran.

 

D. Program Pengembangan Sekolah

Berdasarkan identifikasi masalah yang ada di Sekolah, ditemukan bahwa masalah utama dari proses pembelajaran di sekolah adalah kurangnya motivasi belajar Peserta Didik.

 

Untuk itulah sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan motivasi belajar Peserta Didik, maka diadakanlah program kegiatan pelatihan media pembelajaran menggunakan Quizziz yang diikuti oleh seluruh Guru selama dua hari melalui Zoom.

Perlu diketahui bahwa seluruh kegiatan ini terpaksa dilakukan secara full daring melalui zoom meeting. Selain dikarenakan PPKM, juga karena ada beberapa guru yang terpapar COVID-19.

Meskipun banyak kendala yang dihadapi, pelaksanaan RPS ini tetap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai kemampuan dan kondisi riil di lapangan.

 

E.  Langkah-langkah Kegiatan:

Adapun langkah-langkah kegiatan program RPS ini adalah sebagai berikut :

1)   Persiapan

Persiapan dimulai dengan pembuatan undangan yg waktunya disepakati oleh Bersama untu pelaksanaan rapat koordinasi dan sosialisasi bersama guru melalui zoom meeting. Dilanjut menyusun panitia pengembangan sekolah

dan proposal kegiatan yang dipimpin oleh ketua panitia. KS menghubungi narasumber

2) Pelaksanaan

Program pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut. Yaitu tanggal 21 dan 22 Juli 2021 melalui Zoom yg diisi oleh Bapak Arwan K, S.Kom selaku narasumber. Pelatihan ini melibatkan seluruh guru di Sekolah. Dan KS melaksanakan pendampingan pembelajaran dengan praktik langsung penggunaan  Quizziz

3) Monitoring

Monitoring yang dilaksanakan adalah (1) monitoring berkaitan dengan keterlaksanaan kegiatan Program Pengembangan Sekolah (Dari persiapan, pelaksanaan, monev, refleksi sampai tindak lanjut), (2) Monitoring Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK, (3) Memonitoring dan mengevaluasi Hasil Kegiatan, (4) Monitoring Pencapaian Students Wellbeing (Kebahagiaan Murid).

 

Untuk instrument ada 4 yaitu untuk Instrumen pelaksanaan kegiatan RPS diisi oleh Kepala Sekolah, Instrumen penilaian berdasarkan hasil AKPK diisi oleh guru, Instrumen hasil evaluasi kegiatan RPS diisi oleh Kepala Sekolah dan Instrumen students wellbeing diisi oleh peserta didik.

 

4) Hasil Kegiatan

a) Monitoring pelaksanaan RPS

 Instrumen monitoring Pelaksanaan Kegiatan RPS diisi oleh kepala sekolah dengan hasil sbb :

No

 

Responden

Ketercapaian

Ketercapain Hasil

Kuantitatif

Kualitatif

 

1

 

Kepala Sekolah

 

91%    

 

 

A (sangat baik)

 

       91%

 

Berdasarkan hasil monitoring keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan bahwa pada  pelaksanaan RPS hari ke-1, karena full daring, tidak semua guru bisa mengikuti dikarenakan terkendala sinyal, selain itu masih ada beberapa guru yang belum memahami penggunaan zoom meeting sehingga pelaksanaan kegiatannya mundur sampai hampir 45menit untuk persiapan.

 

Pada pelaksanaan RPS hari kedua, guru yang mengikuti zoom sudah lebih banyak tetapi lampu sempat padam sehingga sinyal hilang. Selain itu kendala juga terjadi di hari kedua supervise pembelajaran di kelas dimana guru yang mengajar tidak bisa hadir. Sehingga digantikan oleh guru lain.

 

b.   Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

No

 

Responden

Ketercapaian

Ketercapain Hasil

Kuantitatif

Kualitatif

1

Guru 1

100

 Sangat Baik

468/500 *100 =

93,5 %

2

Guru 2

97,5

Sangat Baik

3

Guru 3

85

Baik

4

Guru 4

92,5

Sangat Baik

5

Guru 5

92,5

Sangat baik

 

Berdasarkan hasil dari instrument AKPK, ditemukan bahwa KS sudah berusaha mengarahkan dan menggerakkan rekan sejawat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kompetensi KS yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi menejerial, supervise dan kewirausahaan

 

 

c.    Peningkatan Hasil Siswa

Instrumen peningkatan hasil siswa ini diisi oleh Kepala Sekolah dengan hasil sbb :

No

 

Responden

Ketercapaian

Ketercapain Hasil

Kuantitatif

Kualitatif

 

1

 

Kepala Sekolah

 

85%    

 

 

B ( baik)

 

       85 %

 

Berdasarkan pengamatan hasil analisis monitoring keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan bahwa indikator yang sudah tercapai adalah meningkatnya  antusiasme dan semangat siswa. Sedangkan yang kurang tercapai adalah indicator yang menunjukkan keaktifan, rasa senang serta kreatifitas siswa dalam penggunaan media quizziz

 

d.    Peningkatan Students Wellbeing

Instrumen peningkatan students wellbeing ini diisi oleh 5 peserta didik dengan hasil sebagai berikut :

 

 

No

 

Responden

Ketercapaian

Ketercapain Hasil

Kuantitatif

Kualitatif

1

Peserta didik 1

60

 Cukup

415/500 *100 =

83 %

2

Peserta Didik 2

65

Cukup

3

Peserta Didik 3

90

Sangat baik

4

Peserta didik 4

100

Sangat Baik

5

Peserta Didik 5

100

Sangat baik

 

Berdasarkan pencapaian students well being diketahui bahwa dari indicator semangat dan antusiasme mereka akan pembelajaran quizziz ini terlihat ada peningkatan,cuman sayangnya tidak semua peserta didik bisa mengikuti dengan baik dikarenakan tidak smua ortu peserta didik mampu memfasilitasi putra/inya dengan HP/kuota yang mencukupi.

 Untuk indicator yg menunjukkan keaktifan, kesenangan dan kreatifitas siswa terlihat masih kurang.

 

5. Evaluasi

a. Peserta didik antusias mengikuti pembelajaran menggunakan quizziz

Ketika melaksanakan pembelajaran menggunakan quizziz, peserta didik merasa antusias. Karena media ini sangat menarik menurut mereka. Tampilannya yang menyerupai game membuat anak-anak menjadi tidak bosan.

b. Peserta didik lebih bersemangat untuk mengikuti pembelajaran menggunakan quizziz

Semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui Quizziz bisa diketahu dari hasil pekerjaan yang dikirim. Dibandingkan tugas yang dilakukan melalui chat wa, mereka lebih antusias mengirim tugas yang dilaksanakan melalui media Quizziz.

c. Peserta didik Penggunaan lebih aktif dalam pembelajaran

Meski masih ada beberapa siswa yang masih malu untuk mengikuti pembelajaran melalui google meet ataupun zoom, tetapi mereka tetap aktif mengerjakan tugas melalui Quizziz.

e.         Peserta didik senang sekali mengikuti pembelajaran melalui Quizziz

Salah satu fungsi media pembelajaran yang menarik adalah untuk menimbulkan rasa senang terlebih dahulu kepada peserta didik. Sehingga dengan memiliki rasa senang tersebut akan mendorong mereka untuk menyukai mapel yang menurrut mereka membosankan. Nah, dari Quizziz inilah yang membantu peserta didik untuk menyenangi tugasnya, karena tampilan di Quizzi menyerupai game online, sehingga mereka akan mudah tertarik dan merasa senang.

f.          Peserta didik menjadi lebih kreatif ketika mengikuti pembelajaran melalui quizziz

Karena tampilan yang menyerupai game, Peserta didik menjadi kreatif untuk mencoba fitur-fitur yang ada pada Quizziz sehingga merangsang daya kreatif mereka.

 

6) Refleksi

Kepala Sekolah sudah melakukan monitoring kegiatan pelaksanaan pembelajaran melalui quizziz kepada dua orang guru. Yang hasilnya kedua guru tersebut sudah mampu melaksanakan pembelajaran melalui Quizziz.

Kendala yang ditemukan pada pelaksanaan pembelajaran melalui quizziz ini adalah di hari kedua, guru yang bersangkutan berhalangan hadir. Sehingga digantikan oleh guru lain dengan pesriapan seadanya, karena waktunya yang mendesak. Mungkin lain kali perlu menyiapkan guru cadangan agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Kendala lain yang dihadapi dalam pelaksanaan RPS ini adalah karena seluruh pembelajaran dilaksanakan secara daring, sehingga sering menyebabkan terjadinya kendala tekhnis seperti sinyal yang hilang, lampu padam, kehadiran guru atau siswa yang cuman segelintir saja. Disamping itu ada kendala yg sangat krusial yaitu berasal dari factor ekonomi keluarga. Dimana dari kalangan menengah kebawah, sehingga tidak semua siswa bisa mengikuti pembelajaran dikarenakan tidak adanya HP/fasilitas internet di rumah mereka

 

Untuk pelaksanaan pembelajarn dikelas sudah sesuai dengan materi, Cuma mungkin cara menyampaikan materi belum dilakukan secara runtut. Dari pembukaan di awal sampai akhir. Tapi bisa dimaklumi karena saat itu wifi sekolah sedang tidak bagus sehingga pelaksanaan zoom dan google meet seperti terpecah dan tidak sinkron.

 

Pada pembelajaran Quizziz di kelas terlihat bahwa antusiasme dan semangat siswa terlihat mengalami peningkatan. Ada banyak siswa yang mau mengerjakan tugas melalui quizziz. Dan Siswa juga menjadi lebih kreatif dengan mencoba fitur-fitur yang ada pada quizziz melalui HP mereka.

 

7)  Tindak Lanjut

Beberapa langkah tnidak lanjut yang mungkin bisa dilakukan setelah pelaksanaan kegiatan RPS adalah :

a. KS perlu terus memotivasi guru dan memfasilitasi guru dalam pelatihan IT lainnya, seperti penggunaan aplikasi meeting (zoom/gmeet) atau pelatihan media pembelajaran lain agar tetap bersemangat melaksanakan pembelajaran yang efektif inovatif dan menyenangkan.

b. KS  perlu melakukan pendampingan dan juga supervise guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas

c. Guru perlu diberikan pelatihan IT yang lebih mendalam terutama dalam penggunaan media terutama yang berkaitan dengan komputerisasi sehingga semuanya, baik guru muda maupun tua bisa menggunakannya untuk menunjang pembelajaran

d. Sekolah perlu mengadakan IHT berkenaan dengan media pembelajaran yang menarik untuk memotivasi siswa dan mengasah kompetensi pedagogic dan profesional guru

e. Motivasi berupa awards tidak hanya diperuntukkan bagi siswa, tapi juga guru sehingga bisa bersinergi dalam pembelajaran yang aktif dan menyenangkan di kelas

d.  Sekolah kedepannya bisa memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran Quizziz ini dengan  menggunakan Wifi dan laptop Sekolah.

8)  Sumber Daya 

a. Sumber daya Manusia

Pihak-pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak secara langsung dalam pelaksanaan RPS ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Orang tua/Wali murid dan Siswa. Seluruh pihak-pihak inilah yang mendukung keterlaksanaan program RPS dari awal sampai akhir.

b. Sumber Daya non Manusia

Sumber daya non manusia yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan program RPS ini tentu saja adalah HP, internet, browser, aplikasi Quizziz.

F. SIMPULAN

Dari seluruh rangkaian kegiatan program RPS ini maka hal-hal yang bisa disimpulkan adalah :

1.      Penggunaan media belajar yang menarik sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa

2.      Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah Quizziz

3.      Setiap guru perlu dibekali dengan kemampuan IT untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan

4.      Pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran harus terus dilakukan.

5.      Pemberian award bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah semangat siswa maupun guru untuk ikut berproses dalam  pembelajaran di kelas

6.      Seluruh warga sekolah dan stakehoders harus bersinergi demi terciptanya peningkatan mutu sekolah sehingga menghasilkan lulusan yang unggul sesuai harapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

G.    LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1          :Matriks Rencana Pengembangan Sekolah

Lampiran 2          : Jadwal Rencana Tindak Lanjut

Lampiran 3          : Jurnal Harian Pelaksanaan RPS

Lampiran 4          : Jurnal Kegiatan RPS

Lampiran 5          : Bukti Fisik Persiapan

a)    Undangan Pelaksanaan Kegiatan RPS

b)   Surat Permohonan menjadi Narasumber

c)    SK Kepanitiaan

d)   Proposal Kegiatan

Lampiran 6          : Bukti fisik pelaksanaan (Hasil nilai tugas peserta didik pasca pembelajaran melalui Quizziz)

Lampiran 7          : Bukti Fisik Monitoring

a)      Sample responden instrument 9a

b)      Sample responden instrument 9b

c)      Sample responden instrument 9c

d)      Sample responden instrument 9d

e)      Rekap Hasil Instrumen AKPK (via google classroom)

f)       Rekap Hasil Instrumen pencapaian Wellbeing

g)      Rekapitulasi hasil monev RPS (9a-9d/ tugas 13)

Lampiran 8          : Link video (tugas 15)

Lampiran 9          : Dokumentasi kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

 

Matrik Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

 

Masalah yang dipilih                   :    Motivasi Peserta didik dalam belajar kurang

 

Pemecahan Masalah                    : Mengadakan pelatihan media pembelajaran menggunakan quizziz

 

Judul RPS                                   : Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Pelatihan Media Pembelajaran menggunakan Quizziz

 

 

Tujuan

Indikator Keberhasilan

Program Kegiatan

Langkah-langkah Kegiatan

Sumber Daya

Students Wellbeing

a

b

c

d

e

f

 

1.     Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

 

- Antusiasme  dalam mengikuti pembelajaran meningkat

 

- Mampu  mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat

 

- Pembelajaran berjalan dengan aktif dan interaktif

 

- Mampu mengerjakan  tugas dengan baik

 

- Mampu bertanggungjawab dengan tugas-tugas yang lain

 

 

 

Pelatihan Media Pembelajaran Quizziz

 

(Hari ke-1 & 2)

 

1.     Perencanaan

a.  Kepala sekolah mengadakan koordinasi berkaitan dengan rencana pelaksanaan pelatihan

b.  Sosialisasi Rencana Pengembangan Sekolah

c.  Menyusun proposal, jadwal dan kepanitiaan

d.  Menghubungi nara sumber berkaitan dengan rencana pelaksanaan pelatihan

 

(Hari ke 3&4)

2.     Pelaksanaan:

a.    Melaksanakan program IHT selama 2 hari

b.   Pelatihan diikuti oleh seluruh guru di sekolah

c.    Melaksanakan pendampingan pembelajaran dengan praktik langsung penggunaan  quizziz

 

(Hari ke 5 dan 6)

3.    Monev

a.    Kepala sekolah mengamati proses pembelajaran di dalam kelas pelatihan

 

b.    Kepala Sekolah mencatat kelebihan dan kelemahan dalam pembelajaran menggunakan media quizziz

    

c.    Kepala Sekolah membagikan instrument monev untuk guru dan siswa

 

 

d.    Guru dan Siswa mengisi instrument monev

 

(Hari ke-7)

Monev

a.   Kepala Sekolah menganalisis hasil monev

 

4.  Refleksi

b.   Kepala Sekolah mengevaluasi pelaksanaan pelatihan

 

c.    Kepala sekolah merefleksi pelaksanaan pembelajaran melalui quizziz dengan cara berdiskusi dengan guru yang bersangkutan mengenai kemudahan ataupun kesulitan yang ditemukan serta menanyakan perasaan atau pengalaman baru apakah yang diperoleh saat pelaksaaan pembelajaran menggunakan media quizziiz

 

5.  Tindak Lanjut

 

d.    Kepala Sekolah memberikan apresiasi kepada guru yang sudah berhasil mengaplikasikan quizziz dalam pembelajaran mereka dengan memotivasi untuk terus mengembangkan penggunaan quizziz dalam pembelajaran

 

e.    Kepala sekolah melakukan pendampingan lebih lanjut kepada guru yang belum berhasil menggunakan quizziz

 

Guru, murid, orang tua.

 

Foto, video, hasil report quizziz, absensi siswa

 

Antusias, Aktif,

Semangat,Gembira, lebih kreatif

2.     Meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah

Kompetensi Kepribadian:

1. KS berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada teman-teman sejawat berkaitan dengan tugasnya sehari-hari

2. KS memiliki pengalaman dalam mengarahkan dan menggerakkan rekan sejawat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah

 

 

Kompetensi Sosial:

1.                  Saya memiliki pengalaman dalam melakukan kerja sama dengan perseorangan dan institusi lain, baik institusi pemerintah atau swasta, untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolah dimana saya bertugas

 

2. Saya memahami penyusunan program kerja sama dengan pihak lain, baik perseorangan maupun institusi dengan baik, untuk mendukung p

 

Kompetensi Manajerial:

1. Saya memahami penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS)

2. KS memahami cara mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan kompetensi dan tupoksi guru

 

Kompetensi Supervisi:

1. Saya memahami penyusunan rencana pemanfaatan sarana prasarana sesuai standar pelayanan minimal.

 

 

2. Saya memahami perencanaan program supervisi akademik yang disesuaikan dengan kebutuhan guru yang akan disupervisi

 

Kompetensi Kewirausahaan:

1. Saya memahami program-program inovatif yang bisa meningkatkan keefektifan sekolah dengan baik.

 

2. Saya mampu membuat alternatif pemecahan masalah yang relevan dan tepat, sehingga menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien

 

 

 

 

Lampiran 2.

Jadwal Rencana Tindak Lanjut (RTL)

 

No

Kegiatan

Hari ke-..

Keterangan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

1

Sosialisasi  dan koordinasi dengan warga sekolah (secara virtual/langsung)

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Persiapan kegiatan (terdokumentasi video)

-  Membentuk panitia

-  Menyusun panduan

-  Koordinasi dengan narasumber/pakar (jika diperlukan)

-  Menelaah instrumen monev

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

a.    Pelaksanaan kegiatan pengembangan sekolah

b.    Pengambilan data monev kegiatan pengembangan sekolah

 

(terdokumentasi video)

 

 

X

x

 

 

 

 

x

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

4

Pengolahan data hasil monev kegiatan pengembangan sekolah

 

(terdokumentasi video)

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

5

Penyusunan draf laporan pengembangan sekolah

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

6

Pengumpulan data hasil dokumentasi video

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

7

Edit video

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

8

Penyusunan draf laporan pengembangan sekolah

 

 

 

 

 

 

 

x

x

 

 

 

9

Desiminasi video kepada pengajar diklat dalam forum virtual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

10

Finalisasi laporan dan video

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

11

Mengunggah video ke laman youtube channel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 3

Jurnal Kegiatan Pelaksanaan RPS

No

Hari/

Kegiatan

Tanggal

1

Sabtu,

17 Juli 2021

Sosialisasi  dan koordinasi dengan warga sekolah (secara virtual/langsung)

 

2

Senin, 19 Juli 2021

Persiapan kegiatan (terdokumentasi video)

-  Membentuk panitia

-  Menyusun panduan

-  Koordinasi dengan narasumber/pakar (jika diperlukan)

-  Menelaah instrumen monev

3

Rabu, 21 Juli 2021

Kamis, 22 Juli2021

 

 

 

Jumat, 23 Juli 2021

 

Sabtu, 24 Juli 2021)

  1. Pelaksanaan kegiatan pengembangan sekolah (IHT QUIZZIZ) hari ke1

b.    Pelaksanaan kegiatan pengembangan sekolah hari ke-2

 

c.    Pengambilan data monev kegiatan pengembangan sekolah

 

(terdokumentasi video)

4

Sabtu, 24 Juli 2021

 

Pengolahan data hasil monev kegiatan pengembangan sekolah

 

(terdokumentasi video)

5

Sabtu, 24 Juli 2021

Penyusunan draf laporan pengembangan sekolah

6

Sabtu, 24 Juli 2021

Pengumpulan data hasil dokumentasi video

 

7

Senin, 26 Juli 2021

Edit video

8

Selasa, 27 Juli s/d

Rabu,

24 Juli 2021

Penyusunan draf laporan pengembangan sekolah

9

Kamis, 25 Juli 2021

Diseminasi video kepada pengajar diklat dalam forum virtual

10

Kamis, 25 Juli 2021

Finalisasi laporan dan video

11

Kamis, 25 Juli 2021

Mengunggah video ke laman youtube channel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 4

Jurnal Harian Pelaksanaan RPS

 

No.

 

Hari/Tanggal

 

Kegiatan

 

Keterangan

a

b

c

d

 

1.

 

Sabtu, 17 Juli 2021

 

 

 

 

 

 

Rapat sosialisasi berkaitan dengan Rencana Pengembangan Sekolah via zoom

 

 

Undangan, foto, video, screenshot daftar hadir peserta

2

Senin, 19 Juli 2021

 

 

 

 

 

Koordinasi (secara virtual)

 - Pembentukan panitia

-  Menyusun panduan (proposal kegiatan)

-  Koordinasi dengan narasumber

 

 

SK panitia, Undangan nara  sumber, proposal kegiatan, screenshot daftar hadir peserta

3

Rabu, 21 Juli 2021

ü Pelaksanaan kegiatan Rencana Pengembangan Sekolah (Hari ke-1)

 

ü Melaksanakan pendampingan kegiatan dalam pelatihan kegiatan via zoom

 

Foto, Video, screenshot daftar hadir peserta zoom

4

Kamis, 22 Juli 2021

ü Pelaksanaan kegiatan Rencana Pengembangan Sekolah (Hari ke-2)

 

ü Melakukan pengamatan kegiatan dalam pelatihan kegiatan via zoom

Foto, Video, screenshot daftar hadir peserta zoom

5

Jumat, 23 Juli 2021

ü Pendampingan pembelajaran secara langsung di kelas zoom guru

ü Pengamatan proses pembelajaran di kelas via zoom

Foto, Video, Screenshot daftar hadir peserta zoom

6

Sabtu, 24 Juli 2021

ü Pendampingan pembelajaran secara langsung di kelas zoom guru

ü Melakukan refleksi pembelajaran di kelas via chat wa

ü Membagikan instrument monev kepada guru dan siswa

Foto, Video, screenshot daftar hadir peserta zoom,  instrument monev AKPK untuk guru, dan instrument well being untuk murid dalam google form

 

 

 

7

Senin, 25 Juli 2021

ü Menganalisis hasil monev

ü Edit video

Hasil instrument monev menggunakan google form (berupa excel)

8

Selasa, 26 Juli 2021

ü Membuat laporan RPS

ü Melanjutkan pengeditan video

Laporan RPS

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5 : Bukti fisik Persiapan

a. Undangan pelaksanaan RPS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.       Surat permohonan menjadi Narasumber

 

 

 

 

 

 

d.      SK kepanitiaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

e.       Proposal Kegiatan

 

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 6

Hasil Pembelajaran menggunakan Quizziz di kelas (via Google Meet)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 7

Bukti fisik Monitoring

 

 

a. Instrumen Monitoring Pelaksanaan Kegiatan RPS

 

No

Kegiatan

Uraian

Keterlaksanaan

Keterangan

Ya

Tidak

a

B

C

d

e

f

1

Persiapan

1.  Melakukan koordinasi kegiatan RPS

V

 

Undangan, foto, video

2.  Melakukan sosialisasi

V

 

Undangan, foto, video

3. Menyusun proposal

V

 

Proposal

4.     Menyusun Jadwal

V

 

Jadwal kegiatan,

5.     Menyusun kepanitiaan

V

 

Susunan kepanitiaan,

6.    Menghubungi nara sumber

 

V

 

Surat Undangan nara sumber

2

Pelaksanaan

1.     Melaksanakan program IHT selama 2 hari

   V

 

Video zoom, foto kegiatan

2.    Melakukan pendampingan pembelajaran dengan praktik langsung penggunaan  quizziz

 

V

 

Video zoom, foto kegiatan

 

3.    Melaksanakan Monev

V

 

Instrumen monev

 

4.    Melaksanakan Refleksi

V

 

Video, foto chat wa

 

5.    Melaksanakan Tindak lanjut

 

V

-

 

 

Jumlah

10

 

 

 

 

Skor Perolehan “Ya”

11

 

 

 

Total Perolehan (skor perolehan “Ya” : skor maksimal (sejumlah item uraian) x 100)

10/11 x 100

=

91

A  (SANGAT BAIK)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK (via Googleform)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Instrumen Evaluasi Hasil Kegiatan

 

No

Indikator Keberhasilan

Ketercapaian

Keterangan

4

3

2

1

a

b

c

d

1.

Antusiasme  dalam mengikuti pembelajaran meningkat

 

V

 

 

 

Penggunaan Quizziz bisa mulai diaplikasikan untuk seluruh mapel

2.

Peserta didik mampu  mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat

 

 

V

 

 

 

Quizziz bisa diterapkan dalam pembelajaran selanjutnya

3.

Pembelajaran berjalan dengan aktif dan interaktif

 

 

V

 

 

Masih banyak anak yang malu dan tidak PD jadi harus sering-sering dimotivasi

4

Peserta didik merasa senang sehingga mampu memahami   pelajaran dengan baik

 

 

V

 

 

Bis jadi acuan guru untuk menggunakan Quizziz dalam pembelajarannya

5

Mampu menumbuhkan kreatifitas  peserta didik dalam pembelajaran

 

 

V

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

17

 

 

 

 

 

Total Skor Diperoleh

17/20*100

 

 

Hasil (Skor diperoleh : Skor maksimal) x100)

85

B (Baik)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d.      Instrumen Pencapaian Students Wellbeing (Kebahagiaan Murid)

via google form

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

e.       Rekapitulasi Hasil instrument AKPK (via google form)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

f.        Rekapitulasi Hasil Instrumen Students Wellbeing (Via google form)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

g.      Hasil Analisis Monitoring dan Evaluasi RPS

 

No

Jenis Monev

Deskripsi Hasil Keterlaksanaan

Ketercapaian

Rekomendasi/ Tindak Lanjut

Kuantitatif (Angka)

Kualitatif

(Huruf)

A

b

c

d

e

f

1

Monitoring Keterlaksanaan Kegiatan RPS

Ø Berdasarkan hasil monitoring keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan bahwa pada  pelaksanaan RPS hari ke-1, karena full daring, tidak semua guru bisa mengikuti dikarenakan terkendala sinyal, selain itu masih ada beberapa guru yang belum memahami penggunaan zoom meeting sehingga pelaksanaan kegiatannya mundur sampai hampir 45menit untuk persiapan.

 

Ø Pada pelaksanaan RPS hari kedua, guru yang mengikuti zoom sudah lebih banyak tetapi lampu sempat padam sehingga sinyal hilang.

 

91%

 

A (sangat baik)

 

Sebagai tindak lanjut mungkin KS perlu terus memotivasi guru dan memfasilitasi guru dalam pelatihan IT lainnya, seperti penggunaan aplikasi meeting (zoom/gmeet) atau pelatihan media pembelajaran lainnya agar tetap bersemangat melaksanakan pembelajaran yang efektif inovatif dan menyenangkan.

2

Evaluasi peningkatan kompetensi KS berdasarkan hasil AKPK

Berdasarkan hasil dari instrument AKPK, ditemukan bahwa KS sudah berusaha mengarahkan dan menggerakkan rekan sejawat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Kompetensi KS yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi menejerial, supervise dan kewirausahaan.

 

93,5%

  A (sangat baik)

 

KS  perlu melakukan pendampingan dan juga supervise guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

3

Evaluasi hasil kegiatan RPS

Berdasarkan pengamatan hasil analisis monitoring keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan bahwa indicator yang sudah tercapai adalah meningkatnya  antusiasme dan semangat siswa. Sedangkan yang kurang tercapai adalah indicator yang menunjukkan kekatifan, rasa senang serta kreatifitas siswa dalam penggunaan media quizziz

85%

 

 

 

B (Baik)

Masih diperlukan motivasi yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa. Mungkin melalui pujian, rewards ataupun hal-hal yang sekiranya bisa lebih menarik minat dan rasa senang siswa

4

Pencapaian Students Wellbeing

Ø Berdasarkan pencapaian students well being diketahui bahwa dari indicator semangat dan antusiasme mereka akan pembelajaran quizziz ini terlihat ada peningkatan,cuman sayangnya tidak semua peserta didik bisa mengikuti dengan baik dikarenakan tidak smua ortu peserta didik mampu memfasilitasi putra/inya dengan HP/kuota yang mencukupi.

 

Ø Untuk indicator yg menunjukkan keaktifan, kesenangan dan kreatifitas siswa terlihat masih kurang.

83%

B (Baik)

Ø Sekolah kedepannya bisa memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran Quizziz ini dengan  menggunakan Wifi dan laptop Sekolah.

Ø Motivasi seperti pemberian awards bagi siswa yg aktif, antusias dan kreatif perlu ditingkatkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 8 :

    Link video Youtube :

Meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pelatihan media pembelajaran menggunakan Quizziz - YouTube

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 9

DOKUMENTASI PELAKSANAAN KEGIATAN RPS

 

1.      Kegiatan Koordinasi dan sosialisasi tanggal 17 Juli 2021

 (via zoom meeting):

 

 

 

 

 

 

 

2.      Rapat penyusunan kepanitiaan dan proposal kegiatan

(Tanggal 19 Juli 2021)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Pelaksanaan Program RPS Hari ke-1 (21 Juli 2021)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Program RPS hari kedua (Tanggal 22 Juli 2021)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.      Kegiatan pengamatan quizziz di kelas (tanggal 23 Juli 2021)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.      Kegiatan refleksi pemebelajaran quizziz di kelas (tanggal 24 Juli 2021)

No comments:

Post a Comment

Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.

rahmamocca. Powered by Blogger.

Followers

Search This Blog