“
MNIKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN QUIZZIZ”
A. Judul Program Pengembangan Sekolah :
“MENINGKATKAN
MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PELATIHAN
MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN QUIZZIZ”
Memotivasi belajar peserta didik acapkali
menjadi masalah yang pelik dan tak mudah
bagi para pendidik. Di satu sisi, hal
ini berkaitan dengan dorongan yang ada pada diri siswa itu sendiri, dan di sisi
lain berkaitan dengan system pembelajaran yang dilakukan oleh sang guru.
Dalam kaitannya dengan motivasi, ada banyak hal
yang mempengaruhi seorang peserta didik dalam kegiatan belajar dan berproses
dalam pembelajaran. Dimyati dan Mudjiono
(2002:26) menyatakan bahwa motivasi merupakan kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar. Motivasi
belajar ini memiliki peranan yang sangat
penting untuk memberikan gairah atau semangat dalam belajar. Sebagai contoh: Siswa
yang memiliki motivasi kuat punya energi yang banyak untuk ikut terlibat dalam
kegiatan belajar dan sebaliknya.
Disinilah diperlukan suatu alat yang bisa
merangsang pikiran,
perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar
pada dirinya sendiri atau yang disebut dengan media pembelajaran. Penggunaan
media secara kreatif akan memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik dan dapat
meningkatkan motivasi individu mereka sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Salah
satu media pembelajaran yang sudah pernah berhasil digunakan untuk memotivasi
belajar siswa di SMP YATPI GODONG adalah media pembelajaran Quizziz. Untuk
itulah Rencana Program Pengembangan Sekolah ini masih dikaitkan dengan hasil
praktik baik yang sudah pernah dilaksanakan di Sekolah dengan harapan bisa
memotivasi siswa dengan lebih baik lagi dan meningkatkan kempetensi guru dalam
hal penggunaan IT dalam proses pembelajaran.
C.
Tujuan
dan Indikator
Keberhasilan
Tujuan
dari adanya Rencana Program Sekolah (RPS) diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi sekolah untuk
meningkatkan mutu pendidikannya, bagi guru agar bisa melakukan pembelajaran
yang lebih baik, lebih inovatif, kreatif dan menarik sehingga dapat meningkatkan
motivasi belajar peserta didik. Dan bagi Kepala Sekolah, program RPS ini diharapkan
dapat membantu meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah
Ø
Indikator
Keberhasilan :
Indikator
keberhasilan ini dibagi menjadi dua. Yaitu indicator keberhasilan dari Peserta
didik dan keberhasilan dari Kepala Sekolah. Bagi peserta didik indicator
keberhasilan ini bisa dilihat dari peningakatan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran, kemampuannya mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat,
pembelajaran yang berjalan dengan aktif dan interaktif, kemampuannya mengerjakan tugas dengan baik serta kemampuan peserta
didik dalam bertanggungjawab dengan tugas-tugasnya
Bagi Kepala Sekolah (berdasarkan hasil monitoring
AKPK), indicator ini terdiri dari 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala
Sekolah, diantaranya:
Ø
Kompetensi
Kepribadian:
1. KS berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada
teman-teman sejawat berkaitan dengan tugasnya sehari-hari
2. KS memiliki pengalaman dalam mengarahkan dan
menggerakkan rekan sejawat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
Ø
Kompetensi
Manajerial:
1.
KS memahami penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana
Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS)
2.
KS memahami cara mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan
kompetensi dan tupoksi guru
Ø
Kompetensi
Supervisi:
1.
KS
memahami penyusunan rencana pemanfaatan sarana prasarana sesuai standar
pelayanan minimal.
2.
KS
memahami perencanaan program supervisi akademik yang disesuaikan dengan
kebutuhan guru yang akan disupervisi
Ø
Kompetensi
Kewirausahaan:
1. KS memahami program-program inovatif yang bisa
meningkatkan keefektifan sekolah dengan baik.
2. KS mampu membuat alternatif pemecahan masalah
yang relevan dan tepat, sehingga menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien
Ø
Kompetensi
Sosial:
1.KS memiliki pengalaman dalam melakukan kerja sama
dengan perseorangan dan institusi lain, baik institusi pemerintah atau swasta,
untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolah dimana bertugas
2. KS memahami penyusunan program kerja sama dengan
pihak lain, baik perseorangan maupun institusi dengan baik, untuk mendukung
pembelajaran.
D.
Program
Pengembangan Sekolah
Berdasarkan
identifikasi masalah yang ada di Sekolah, ditemukan bahwa masalah utama dari
proses pembelajaran di sekolah adalah kurangnya motivasi belajar Peserta Didik.
Untuk
itulah sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan motivasi belajar Peserta
Didik, maka diadakanlah program kegiatan pelatihan media pembelajaran
menggunakan Quizziz yang diikuti oleh seluruh Guru selama dua hari melalui
Zoom.
Perlu
diketahui bahwa seluruh kegiatan ini terpaksa dilakukan secara full daring
melalui zoom meeting. Selain dikarenakan PPKM, juga karena ada beberapa guru
yang terpapar COVID-19.
Meskipun
banyak kendala yang dihadapi, pelaksanaan RPS ini tetap dilaksanakan dengan
sebaik-baiknya sesuai kemampuan dan kondisi riil di lapangan.
E.
Langkah-langkah
Kegiatan:
Adapun
langkah-langkah kegiatan program RPS ini adalah sebagai berikut :
1)
Persiapan
Persiapan dimulai dengan pembuatan undangan yg
waktunya disepakati oleh Bersama untu pelaksanaan rapat koordinasi dan
sosialisasi bersama guru melalui zoom meeting. Dilanjut menyusun panitia
pengembangan sekolah
dan proposal kegiatan yang dipimpin oleh ketua
panitia. KS menghubungi narasumber
2) Pelaksanaan
Program pelatihan ini
dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut. Yaitu tanggal 21 dan 22 Juli 2021
melalui Zoom yg diisi oleh Bapak Arwan K, S.Kom selaku narasumber. Pelatihan
ini melibatkan seluruh guru di Sekolah. Dan KS melaksanakan pendampingan
pembelajaran dengan praktik langsung penggunaan
Quizziz
3) Monitoring
Monitoring yang dilaksanakan adalah (1) monitoring
berkaitan dengan keterlaksanaan kegiatan Program Pengembangan Sekolah (Dari
persiapan, pelaksanaan, monev, refleksi sampai tindak lanjut), (2) Monitoring
Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK, (3) Memonitoring dan
mengevaluasi Hasil Kegiatan, (4) Monitoring Pencapaian Students Wellbeing
(Kebahagiaan Murid).
Untuk instrument ada 4 yaitu untuk Instrumen
pelaksanaan kegiatan RPS diisi oleh Kepala Sekolah, Instrumen penilaian
berdasarkan hasil AKPK diisi oleh guru, Instrumen hasil evaluasi kegiatan RPS
diisi oleh Kepala Sekolah dan Instrumen students wellbeing diisi oleh peserta
didik.
4) Hasil Kegiatan
a) Monitoring pelaksanaan RPS
Instrumen
monitoring Pelaksanaan Kegiatan RPS diisi oleh kepala sekolah dengan hasil sbb
:
|
Responden |
Ketercapaian |
Ketercapain Hasil |
|
Kuantitatif |
Kualitatif |
|||
1 |
Kepala Sekolah |
91% |
A (sangat baik) |
91% |
Berdasarkan hasil monitoring keterlaksanaan kegiatan
RPS ditemukan bahwa pada pelaksanaan RPS
hari ke-1, karena full daring, tidak semua guru bisa mengikuti dikarenakan
terkendala sinyal, selain itu masih ada beberapa guru yang belum memahami
penggunaan zoom meeting sehingga pelaksanaan kegiatannya mundur sampai hampir
45menit untuk persiapan.
Pada
pelaksanaan RPS hari kedua, guru yang mengikuti zoom sudah lebih banyak tetapi
lampu sempat padam sehingga sinyal hilang. Selain itu kendala juga terjadi di
hari kedua supervise pembelajaran di kelas dimana guru yang mengajar tidak bisa
hadir. Sehingga digantikan oleh guru lain.
b.
Peningkatan Kompetensi Kepala
Sekolah
|
Responden |
Ketercapaian |
Ketercapain Hasil |
|
Kuantitatif |
Kualitatif |
|||
1 |
Guru 1 |
100 |
Sangat Baik |
468/500 *100 = 93,5 % |
2 |
Guru 2 |
97,5 |
Sangat Baik |
|
3 |
Guru 3 |
85 |
Baik |
|
4 |
Guru 4 |
92,5 |
Sangat Baik |
|
5 |
Guru 5 |
92,5 |
Sangat baik |
Berdasarkan hasil dari instrument
AKPK, ditemukan bahwa KS sudah berusaha mengarahkan dan menggerakkan rekan
sejawat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kompetensi KS yang
perlu ditingkatkan adalah kompetensi menejerial, supervise dan kewirausahaan
c. Peningkatan
Hasil Siswa
Instrumen
peningkatan hasil siswa ini diisi oleh Kepala Sekolah dengan hasil sbb :
No |
Responden |
Ketercapaian |
Ketercapain
Hasil |
|
Kuantitatif |
Kualitatif |
|||
1 |
Kepala
Sekolah |
85% |
B (
baik) |
85 % |
Berdasarkan
pengamatan hasil analisis monitoring keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan
bahwa indikator yang sudah tercapai adalah meningkatnya antusiasme dan semangat siswa. Sedangkan yang
kurang tercapai adalah indicator yang menunjukkan keaktifan, rasa senang serta
kreatifitas siswa dalam penggunaan media quizziz
d. Peningkatan
Students Wellbeing
Instrumen
peningkatan students wellbeing ini diisi oleh 5 peserta didik dengan hasil
sebagai berikut :
No |
Responden |
Ketercapaian |
Ketercapain Hasil |
|
Kuantitatif |
Kualitatif |
|||
1 |
Peserta didik 1 |
60 |
Cukup |
415/500 *100 = 83 % |
2 |
Peserta Didik 2 |
65 |
Cukup |
|
3 |
Peserta Didik 3 |
90 |
Sangat baik |
|
4 |
Peserta didik 4 |
100 |
Sangat Baik |
|
5 |
Peserta Didik 5 |
100 |
Sangat baik |
Berdasarkan
pencapaian students well being diketahui bahwa dari indicator semangat dan
antusiasme mereka akan pembelajaran quizziz ini terlihat ada peningkatan,cuman
sayangnya tidak semua peserta didik bisa mengikuti dengan baik dikarenakan
tidak smua ortu peserta didik mampu memfasilitasi putra/inya dengan HP/kuota
yang mencukupi.
Untuk indicator yg menunjukkan keaktifan,
kesenangan dan kreatifitas siswa terlihat masih kurang.
5. Evaluasi
a. Peserta didik antusias
mengikuti pembelajaran menggunakan quizziz
Ketika melaksanakan pembelajaran
menggunakan quizziz, peserta didik merasa antusias. Karena media ini sangat
menarik menurut mereka. Tampilannya yang menyerupai game membuat anak-anak
menjadi tidak bosan.
b. Peserta didik lebih
bersemangat untuk mengikuti pembelajaran menggunakan quizziz
Semangat peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran melalui Quizziz bisa diketahu dari hasil pekerjaan yang
dikirim. Dibandingkan tugas yang dilakukan melalui chat wa, mereka lebih
antusias mengirim tugas yang dilaksanakan melalui media Quizziz.
c. Peserta didik Penggunaan lebih
aktif dalam pembelajaran
Meski masih ada beberapa siswa
yang masih malu untuk mengikuti pembelajaran melalui google meet ataupun zoom,
tetapi mereka tetap aktif mengerjakan tugas melalui Quizziz.
e.
Peserta didik senang sekali
mengikuti pembelajaran melalui Quizziz
Salah
satu fungsi media pembelajaran yang menarik adalah untuk menimbulkan rasa
senang terlebih dahulu kepada peserta didik. Sehingga dengan memiliki rasa
senang tersebut akan mendorong mereka untuk menyukai mapel yang menurrut mereka
membosankan. Nah, dari Quizziz inilah yang membantu peserta didik untuk
menyenangi tugasnya, karena tampilan di Quizzi menyerupai game online, sehingga
mereka akan mudah tertarik dan merasa senang.
f.
Peserta didik menjadi lebih
kreatif ketika mengikuti pembelajaran melalui quizziz
Karena
tampilan yang menyerupai game, Peserta didik menjadi kreatif untuk mencoba
fitur-fitur yang ada pada Quizziz sehingga merangsang daya kreatif mereka.
6) Refleksi
Kepala
Sekolah sudah melakukan monitoring kegiatan pelaksanaan pembelajaran melalui
quizziz kepada dua orang guru. Yang hasilnya kedua guru tersebut sudah mampu
melaksanakan pembelajaran melalui Quizziz.
Kendala
yang ditemukan pada pelaksanaan pembelajaran melalui quizziz ini adalah di hari
kedua, guru yang bersangkutan berhalangan hadir. Sehingga digantikan oleh guru
lain dengan pesriapan seadanya, karena waktunya yang mendesak. Mungkin lain
kali perlu menyiapkan guru cadangan agar kejadian seperti ini tidak terulang
lagi.
Kendala lain yang dihadapi dalam
pelaksanaan RPS ini adalah karena seluruh pembelajaran dilaksanakan secara
daring, sehingga sering menyebabkan terjadinya kendala tekhnis seperti sinyal
yang hilang, lampu padam, kehadiran guru atau siswa yang cuman segelintir saja.
Disamping itu ada kendala yg sangat krusial yaitu berasal dari factor ekonomi
keluarga. Dimana dari kalangan menengah kebawah, sehingga tidak semua siswa
bisa mengikuti pembelajaran dikarenakan tidak adanya HP/fasilitas internet di
rumah mereka
Untuk pelaksanaan pembelajarn
dikelas sudah sesuai dengan materi, Cuma mungkin cara menyampaikan materi belum
dilakukan secara runtut. Dari pembukaan di awal sampai akhir. Tapi bisa
dimaklumi karena saat itu wifi sekolah sedang tidak bagus sehingga pelaksanaan
zoom dan google meet seperti terpecah dan tidak sinkron.
Pada
pembelajaran Quizziz di kelas terlihat bahwa antusiasme dan semangat siswa
terlihat mengalami peningkatan. Ada banyak siswa yang mau mengerjakan tugas
melalui quizziz. Dan Siswa juga menjadi lebih kreatif dengan mencoba
fitur-fitur yang ada pada quizziz melalui HP mereka.
7) Tindak Lanjut
Beberapa
langkah tnidak lanjut yang mungkin bisa dilakukan setelah pelaksanaan kegiatan
RPS adalah :
a. KS perlu
terus memotivasi guru dan memfasilitasi guru dalam pelatihan IT lainnya,
seperti penggunaan aplikasi meeting (zoom/gmeet) atau pelatihan media
pembelajaran lain agar tetap bersemangat melaksanakan pembelajaran yang efektif
inovatif dan menyenangkan.
b. KS perlu melakukan pendampingan dan juga
supervise guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas
c. Guru
perlu diberikan pelatihan IT yang lebih mendalam terutama dalam penggunaan
media terutama yang berkaitan dengan komputerisasi sehingga semuanya, baik guru
muda maupun tua bisa menggunakannya untuk menunjang pembelajaran
d. Sekolah
perlu mengadakan IHT berkenaan dengan media pembelajaran yang menarik untuk
memotivasi siswa dan mengasah kompetensi pedagogic dan profesional guru
e.
Motivasi berupa awards tidak hanya diperuntukkan bagi siswa, tapi juga guru
sehingga bisa bersinergi dalam pembelajaran yang aktif dan menyenangkan di
kelas
d. Sekolah kedepannya bisa memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran Quizziz ini dengan
menggunakan Wifi dan laptop Sekolah.
8) Sumber Daya
a. Sumber
daya Manusia
Pihak-pihak
yang terlibat baik secara langsung maupun tidak secara langsung dalam
pelaksanaan RPS ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Orang tua/Wali
murid dan Siswa. Seluruh pihak-pihak inilah yang mendukung keterlaksanaan
program RPS dari awal sampai akhir.
b.
Sumber Daya non Manusia
Sumber
daya non manusia yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan program RPS ini
tentu saja adalah HP, internet, browser, aplikasi Quizziz.
F. SIMPULAN
Dari
seluruh rangkaian kegiatan program RPS ini maka hal-hal yang bisa disimpulkan
adalah :
1.
Penggunaan media belajar yang
menarik sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa
2.
Salah satu media yang dapat
digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah Quizziz
3.
Setiap guru perlu dibekali
dengan kemampuan IT untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang kreatif,
inovatif, efektif dan menyenangkan
4.
Pelatihan-pelatihan yang dapat
meningkatkan mutu pembelajaran harus terus dilakukan.
5.
Pemberian award bisa menjadi
salah satu alternatif untuk menambah semangat siswa maupun guru untuk ikut
berproses dalam pembelajaran di kelas
6.
Seluruh warga sekolah dan stakehoders
harus bersinergi demi terciptanya peningkatan mutu sekolah sehingga
menghasilkan lulusan yang unggul sesuai harapan
G.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 :Matriks Rencana Pengembangan Sekolah
Lampiran 2 : Jadwal Rencana Tindak Lanjut
Lampiran 3 : Jurnal Harian Pelaksanaan RPS
Lampiran 4 : Jurnal Kegiatan RPS
Lampiran 5 : Bukti Fisik Persiapan
a)
Undangan Pelaksanaan Kegiatan
RPS
b)
Surat Permohonan menjadi
Narasumber
c)
SK Kepanitiaan
d)
Proposal Kegiatan
Lampiran 6 : Bukti fisik pelaksanaan (Hasil nilai
tugas peserta didik pasca pembelajaran melalui Quizziz)
Lampiran 7 : Bukti Fisik Monitoring
a)
Sample responden instrument 9a
b)
Sample responden instrument 9b
c)
Sample responden instrument 9c
d)
Sample responden instrument 9d
e)
Rekap Hasil Instrumen AKPK (via
google classroom)
f)
Rekap Hasil Instrumen pencapaian
Wellbeing
g)
Rekapitulasi hasil monev RPS
(9a-9d/ tugas 13)
Lampiran 8 : Link video (tugas 15)
Lampiran 9 : Dokumentasi kegiatan
Lampiran 1
Matrik
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
Masalah yang dipilih : Motivasi Peserta didik dalam belajar kurang
Pemecahan Masalah : Mengadakan
pelatihan media pembelajaran menggunakan quizziz
Judul RPS : Meningkatan
Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Pelatihan Media Pembelajaran menggunakan
Quizziz
Tujuan |
Indikator
Keberhasilan |
Program
Kegiatan |
Langkah-langkah
Kegiatan |
Sumber
Daya |
Students Wellbeing |
a |
b |
c |
d |
e |
f |
1.
Meningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik |
- Antusiasme dalam mengikuti pembelajaran meningkat - Mampu mengikuti pembelajaran dengan penuh
semangat - Pembelajaran berjalan dengan
aktif dan interaktif - Mampu mengerjakan tugas dengan baik - Mampu bertanggungjawab dengan
tugas-tugas yang lain |
Pelatihan
Media Pembelajaran Quizziz |
(Hari ke-1 & 2) 1. Perencanaan a. Kepala sekolah mengadakan
koordinasi berkaitan dengan rencana pelaksanaan pelatihan b. Sosialisasi Rencana Pengembangan
Sekolah c. Menyusun proposal, jadwal dan
kepanitiaan d. Menghubungi nara sumber berkaitan
dengan rencana pelaksanaan pelatihan (Hari ke 3&4) 2. Pelaksanaan: a. Melaksanakan program IHT selama 2
hari b. Pelatihan diikuti oleh seluruh
guru di sekolah c. Melaksanakan pendampingan
pembelajaran dengan praktik langsung penggunaan quizziz (Hari ke 5 dan 6) 3. Monev a.
Kepala sekolah mengamati proses pembelajaran di dalam kelas pelatihan b. Kepala Sekolah mencatat kelebihan
dan kelemahan dalam pembelajaran menggunakan media quizziz c. Kepala Sekolah membagikan
instrument monev untuk guru dan siswa d.
Guru dan Siswa mengisi instrument monev (Hari ke-7) Monev a.
Kepala Sekolah menganalisis hasil monev 4. Refleksi b. Kepala Sekolah mengevaluasi
pelaksanaan pelatihan c.
Kepala sekolah merefleksi pelaksanaan pembelajaran melalui quizziz
dengan cara berdiskusi dengan guru yang bersangkutan mengenai kemudahan
ataupun kesulitan yang ditemukan serta menanyakan perasaan atau pengalaman
baru apakah yang diperoleh saat pelaksaaan pembelajaran menggunakan media
quizziiz 5. Tindak Lanjut d. Kepala Sekolah memberikan
apresiasi kepada guru yang sudah berhasil mengaplikasikan quizziz dalam
pembelajaran mereka dengan memotivasi untuk terus mengembangkan penggunaan quizziz
dalam pembelajaran e. Kepala sekolah melakukan
pendampingan lebih lanjut kepada guru yang belum berhasil menggunakan quizziz
|
Guru,
murid, orang tua. Foto,
video, hasil report quizziz, absensi siswa |
Antusias,
Aktif, Semangat,Gembira,
lebih kreatif |
2.
Meningkatkan
kompetensi Kepala Sekolah |
Kompetensi Kepribadian: 1. KS berbagi pengetahuan dan
pengalaman kepada teman-teman sejawat berkaitan dengan tugasnya sehari-hari 2. KS memiliki pengalaman dalam
mengarahkan dan menggerakkan rekan sejawat untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran di sekolah 1.
Saya memiliki pengalaman dalam melakukan
kerja sama dengan perseorangan dan institusi lain, baik institusi pemerintah
atau swasta, untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan di sekolah dimana
saya bertugas 2. Saya
memahami penyusunan program kerja sama dengan pihak lain, baik perseorangan
maupun institusi dengan baik, untuk mendukung p 1. Saya
memahami penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan
Anggaran Sekolah (RKAS) 2. KS
memahami cara mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan
kompetensi dan tupoksi guru 1. Saya
memahami penyusunan rencana pemanfaatan sarana prasarana sesuai standar
pelayanan minimal. 2. Saya
memahami perencanaan program supervisi akademik yang disesuaikan dengan
kebutuhan guru yang akan disupervisi 1. Saya
memahami program-program inovatif yang bisa meningkatkan keefektifan sekolah
dengan baik. 2. Saya
mampu membuat alternatif pemecahan masalah yang relevan dan tepat, sehingga
menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien |
Lampiran 2.
Jadwal Rencana Tindak Lanjut (RTL)
No |
Kegiatan |
Hari ke-.. |
Keterangan |
||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
|||
1 |
Sosialisasi dan koordinasi dengan warga sekolah (secara
virtual/langsung) |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Persiapan
kegiatan (terdokumentasi video) - Membentuk panitia - Menyusun panduan - Koordinasi
dengan narasumber/pakar (jika diperlukan) - Menelaah
instrumen monev |
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
a. Pelaksanaan
kegiatan pengembangan sekolah b. Pengambilan
data monev kegiatan pengembangan sekolah (terdokumentasi video) |
|
|
X |
x |
x |
x |
|
|
|
|
|
|
4 |
Pengolahan data hasil monev kegiatan pengembangan
sekolah (terdokumentasi video) |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
5 |
Penyusunan
draf laporan pengembangan sekolah |
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
6 |
Pengumpulan
data hasil dokumentasi video |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
7 |
Edit video |
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
|
|
|
8 |
Penyusunan
draf laporan pengembangan sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
x |
x |
|
|
|
9 |
Desiminasi
video kepada pengajar diklat dalam forum virtual |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
10 |
Finalisasi laporan dan video |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
11 |
Mengunggah
video ke laman youtube channel |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
|
|
Lampiran 3
Jurnal
Kegiatan Pelaksanaan RPS
No |
Hari/ |
Kegiatan |
Tanggal |
||
1 |
Sabtu, 17
Juli 2021 |
Sosialisasi dan koordinasi dengan warga sekolah (secara
virtual/langsung) |
2 |
Senin,
19 Juli 2021 |
Persiapan
kegiatan (terdokumentasi video) - Membentuk panitia - Menyusun panduan - Koordinasi
dengan narasumber/pakar (jika diperlukan) - Menelaah
instrumen monev |
3 |
Rabu, 21 Juli 2021 Kamis, 22 Juli2021 Jumat, 23 Juli 2021 Sabtu, 24 Juli 2021) |
b. Pelaksanaan
kegiatan pengembangan sekolah hari ke-2 c. Pengambilan
data monev kegiatan pengembangan sekolah (terdokumentasi video) |
4 |
Sabtu,
24 Juli 2021 |
Pengolahan data hasil monev kegiatan pengembangan
sekolah (terdokumentasi video) |
5 |
Sabtu,
24 Juli 2021 |
Penyusunan
draf laporan pengembangan sekolah |
6 |
Sabtu,
24 Juli 2021 |
Pengumpulan
data hasil dokumentasi video |
7 |
Senin, 26 Juli 2021 |
Edit video |
8 |
Selasa,
27 Juli s/d Rabu,
24
Juli 2021 |
Penyusunan
draf laporan pengembangan sekolah |
9 |
Kamis,
25 Juli 2021 |
Diseminasi
video kepada pengajar diklat dalam forum virtual |
10 |
Kamis, 25 Juli 2021 |
Finalisasi laporan dan video |
11 |
Kamis,
25 Juli 2021 |
Mengunggah
video ke laman youtube channel |
Lampiran 4
Jurnal
Harian Pelaksanaan RPS
No. |
Hari/Tanggal |
Kegiatan |
Keterangan |
a |
b |
c |
d |
1. |
Sabtu,
17 Juli 2021 |
Rapat
sosialisasi berkaitan dengan Rencana Pengembangan Sekolah via zoom |
Undangan, foto, video,
screenshot daftar hadir peserta |
2 |
Senin, 19 Juli 2021 |
Koordinasi
(secara virtual) - Pembentukan panitia - Menyusun panduan (proposal kegiatan) - Koordinasi dengan narasumber |
SK panitia, Undangan
nara sumber, proposal kegiatan,
screenshot daftar hadir peserta |
3 |
Rabu, 21 Juli 2021 |
ü
Pelaksanaan kegiatan Rencana Pengembangan
Sekolah (Hari ke-1) ü
Melaksanakan pendampingan kegiatan dalam
pelatihan kegiatan via zoom |
Foto, Video, screenshot
daftar hadir peserta zoom |
4 |
Kamis, 22 Juli 2021 |
ü Pelaksanaan kegiatan Rencana
Pengembangan Sekolah (Hari ke-2) ü Melakukan pengamatan kegiatan dalam
pelatihan kegiatan via zoom |
Foto, Video, screenshot
daftar hadir peserta zoom |
5 |
Jumat, 23 Juli 2021 |
ü
Pendampingan pembelajaran secara langsung di
kelas zoom guru ü
Pengamatan proses pembelajaran di kelas via
zoom |
Foto, Video, Screenshot
daftar hadir peserta zoom |
6 |
Sabtu, 24 Juli 2021 |
ü
Pendampingan pembelajaran secara langsung di
kelas zoom guru ü Melakukan
refleksi pembelajaran di kelas via chat wa ü
Membagikan instrument monev kepada guru dan
siswa |
Foto, Video, screenshot
daftar hadir peserta zoom, instrument
monev AKPK untuk guru, dan instrument well being untuk murid dalam google
form |
7 |
Senin, 25 Juli 2021 |
ü
Menganalisis hasil monev ü
Edit video |
Hasil instrument monev menggunakan google form (berupa excel) |
8 |
Selasa, 26 Juli 2021 |
ü
Membuat laporan RPS ü
Melanjutkan pengeditan video |
Laporan RPS |
Lampiran 5 : Bukti fisik Persiapan
a.
Undangan pelaksanaan RPS
c. Surat
permohonan menjadi Narasumber
d. SK
kepanitiaan
e.
Lampiran
6
Lampiran 7
Bukti fisik Monitoring
a. Instrumen Monitoring
Pelaksanaan Kegiatan RPS
No |
Kegiatan |
Uraian |
Keterlaksanaan |
Keterangan |
|
Ya |
Tidak |
||||
a |
B |
C |
d |
e |
f |
1 |
Persiapan |
1. Melakukan
koordinasi kegiatan RPS |
V |
|
Undangan,
foto, video |
2.
Melakukan
sosialisasi |
V |
|
Undangan, foto, video |
||
3. Menyusun proposal |
V |
|
Proposal |
||
4. Menyusun Jadwal |
V |
|
Jadwal kegiatan, |
||
5. Menyusun kepanitiaan |
V |
|
Susunan
kepanitiaan, |
||
6.
Menghubungi nara sumber |
V |
|
Surat Undangan nara sumber |
||
2 |
Pelaksanaan |
1. Melaksanakan
program IHT selama 2 hari |
V |
|
Video
zoom, foto kegiatan |
2.
Melakukan pendampingan pembelajaran dengan praktik langsung
penggunaan quizziz |
V |
|
Video zoom, foto kegiatan |
||
|
3. Melaksanakan Monev |
V |
|
Instrumen
monev |
|
|
4. Melaksanakan Refleksi |
V |
|
Video, foto chat wa |
|
|
5. Melaksanakan Tindak lanjut |
|
V |
- |
|
|
|
Jumlah |
10 |
|
|
|
|
Skor Perolehan “Ya” |
11 |
|
|
|
|
Total
Perolehan (skor perolehan “Ya” : skor maksimal (sejumlah item uraian) x 100) |
10/11 x
100 = 91 |
A (SANGAT BAIK) |
b. Instrumen Peningkatan
Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK (via Googleform)
c. Instrumen Evaluasi Hasil Kegiatan
No |
Indikator
Keberhasilan |
Ketercapaian |
Keterangan |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
a |
b |
c |
d |
|||
1. |
Antusiasme dalam mengikuti pembelajaran meningkat |
V |
|
|
|
Penggunaan
Quizziz bisa mulai diaplikasikan untuk seluruh mapel |
2. |
Peserta didik mampu mengikuti pembelajaran dengan penuh
semangat |
V |
|
|
|
Quizziz
bisa diterapkan dalam pembelajaran selanjutnya |
3. |
Pembelajaran berjalan dengan
aktif dan interaktif |
|
V |
|
|
Masih
banyak anak yang malu dan tidak PD jadi harus sering-sering dimotivasi |
4 |
Peserta didik merasa senang
sehingga mampu memahami pelajaran
dengan baik |
|
V
|
|
|
Bis
jadi acuan guru untuk menggunakan Quizziz dalam pembelajarannya |
5 |
Mampu menumbuhkan
kreatifitas peserta didik dalam
pembelajaran |
|
V |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor |
17 |
|
|
|
|
|
Total Skor Diperoleh |
17/20*100 |
|
|||
|
Hasil (Skor diperoleh : Skor maksimal) x100) |
85 |
B
(Baik) |
d.
Instrumen Pencapaian Students Wellbeing (Kebahagiaan Murid)
via google form
e.
Rekapitulasi Hasil instrument AKPK
(via google form)
f.
Rekapitulasi Hasil Instrumen
Students Wellbeing (Via google form)
g.
Hasil Analisis Monitoring dan
Evaluasi RPS
No |
Jenis Monev |
Deskripsi Hasil Keterlaksanaan |
Ketercapaian |
Rekomendasi/ Tindak Lanjut |
|
Kuantitatif (Angka) |
Kualitatif (Huruf) |
||||
A |
b |
c |
d |
e |
f |
1 |
Monitoring Keterlaksanaan Kegiatan RPS |
Ø Berdasarkan hasil monitoring
keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan bahwa pada pelaksanaan RPS hari ke-1, karena full
daring, tidak semua guru bisa mengikuti dikarenakan terkendala sinyal, selain
itu masih ada beberapa guru yang belum memahami penggunaan zoom meeting
sehingga pelaksanaan kegiatannya mundur sampai hampir 45menit untuk
persiapan. Ø Pada pelaksanaan RPS hari kedua,
guru yang mengikuti zoom sudah lebih banyak tetapi lampu sempat padam
sehingga sinyal hilang. |
91% |
A (sangat baik) |
Sebagai tindak lanjut mungkin KS perlu terus memotivasi
guru dan memfasilitasi guru dalam pelatihan IT lainnya, seperti penggunaan
aplikasi meeting (zoom/gmeet) atau pelatihan media pembelajaran lainnya agar
tetap bersemangat melaksanakan pembelajaran yang efektif inovatif dan
menyenangkan. |
2 |
Evaluasi peningkatan kompetensi KS berdasarkan hasil AKPK |
Berdasarkan hasil dari instrument AKPK, ditemukan bahwa KS
sudah berusaha mengarahkan dan menggerakkan rekan sejawat untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran di sekolah. Kompetensi KS yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi
menejerial, supervise dan kewirausahaan. |
93,5% |
A (sangat baik) |
KS perlu melakukan
pendampingan dan juga supervise guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
di sekolah. |
Evaluasi hasil kegiatan RPS |
Berdasarkan pengamatan hasil
analisis monitoring keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan bahwa indicator
yang sudah tercapai adalah meningkatnya antusiasme dan semangat siswa. Sedangkan
yang kurang tercapai adalah indicator yang menunjukkan kekatifan, rasa senang
serta kreatifitas siswa dalam penggunaan media quizziz |
85% |
B (Baik) |
Masih diperlukan motivasi yang
bisa membangkitkan semangat belajar siswa. Mungkin melalui pujian, rewards
ataupun hal-hal yang sekiranya bisa lebih menarik minat dan rasa senang siswa |
|
4 |
Pencapaian Students
Wellbeing |
Ø Untuk indicator yg menunjukkan
keaktifan, kesenangan dan kreatifitas siswa terlihat masih kurang. |
83% |
B (Baik) |
Ø Sekolah kedepannya bisa
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran Quizziz ini dengan menggunakan Wifi dan laptop Sekolah. Ø Motivasi seperti pemberian awards
bagi siswa yg aktif, antusias dan kreatif perlu ditingkatkan |
Lampiran 8 :
Link video Youtube
:
Lampiran 9
DOKUMENTASI PELAKSANAAN KEGIATAN RPS
1.
Kegiatan
Koordinasi dan sosialisasi tanggal 17 Juli 2021
(via zoom meeting):
2. Rapat
penyusunan kepanitiaan dan proposal kegiatan
(Tanggal
19 Juli 2021)
3. Pelaksanaan
Program RPS Hari ke-1 (21 Juli 2021)
4. Program
RPS hari kedua (Tanggal 22 Juli 2021)
5. Kegiatan
pengamatan quizziz di kelas (tanggal 23 Juli 2021)
6. Kegiatan
refleksi pemebelajaran quizziz di kelas (tanggal 24 Juli 2021)
No comments:
Post a Comment
Mohon berkomentar dengan baik ya. Terimakasih.